cara membuat presentasi yang baik di microsoft powerpoint 2007

Cara membuat presentasi yang baik dan benar di microsoft PowerPoint 2007

Sesuai judul di atas, tool apa saja yang bisa anda digunakan untuk mendesain background pada Powerpoint 2007, Di sini sekilas akan saya bahas tool-toolnya.
1. Buka Powerpoint 2007 anda.
2. Klik pada Ribbon Design. Klik Slide Orientation utuk menentukan page slide anda Potrait atau Landscape. Di sini saya memilih Landscape.
Mendesain background Powerpoint 2007
3. Pilih salah satu background pada Themes. Misal saya pilih Apex.
Mendesain background Powerpoint 2007
Jika anda masih ingin sedikit memodifikasi background klik pada Background Styles yang terletak pada pojok kanan atas layar monitor anda.
Mendesain background Powerpoint 2007
Lihat pada bawah kotak-kotak background, di sana terdapat tulisan Format Background… Klik tulisan tersebut jika anda ingin membuat modifikasi background sendiri. Di sana ada banyak pilihan, di antaranya:
a. Fill
- Solid fill : klick Color untuk memilih warna background, atur Transparancy sesuai selera anda.
Mendesain background Powerpoint 2007 

- Gradient Fill : klik Preset colors untuk memilih warna gradient yang anda inginkan. Untuk type, Direction dll silahkan edit sesuai keinginan anda.
Mendesain background Powerpoint 2007
- Picture or texture Fill : Texture untuk mengambil background texture yang telah disediakan. Pada kotak Insert from: anda dapat mengambil file dari komputer anda, Clipboard: foto dekstop anda, Clip Art: anda dapat mengambil clipart baik yang disediakan, atau anda dapat mengimpor dari komputer anda.
Mendesain background Powerpoint 2007

b. Picture : untuk mengambil gambar background yang telah disediakan
4. Tulis judul presentasi anda pada CLICK TO ADD TITLE, misal improve computer. Jika anda ingin memodifikasinya di sana disediakan 3 tool.
- Colors: pilihan ini memperngaruhi warna font dan warna background.
Mendesain background Powerpoint 2007

- Font: digunakan untuk memilih jenis font yang anda inginkan.
Mendesain background Powerpoint 2007

- Effect: untuk memberikan efek.
Mendesain background Powerpoint 2007
5. Sampai di sini, jika anda masih belum puas dan ingin lebih memperindah desain presentasi anda blok teks judul anda lalu klik Desain. Di sana disediakan berbagai macam mode.
Mendesain background Powerpoint 2007
6. Jika dirasa sudah cukup, sempan pekerjaan anda.
CATATAN:
Sebuah desain dituntut kreativitas dari imajinasi anda sendiri bukan orang lain, walaupun terkadang kita perlu mencontoh desain yang bagus dari orang lain sebagai study banding/wacana. Jangan takut kritik maupun saran, apapun yang anda hasilkan itulah buah pikiran anda. Wujudkan imajinasi anda dengan segenap kemampuan yang ada.
Tips Membuat Presentasi yang baik di microsoft Powerpoint 2007
tips membuat presentasi Powerpoint yang baik dan benar sehingga presentasi anda nantinya bakal disukai dan diberi applaus oleh audience. Seperti kita ketahui bahwa dengan sebuah presentasi yang baik, maka proyek proposal, usulan atau pendapat Anda, mempunyai kesempatan besar untuk disetujui.

1. Mudah dibaca

Presentasi yang baik adalah yang mudah dibaca, jadi pergunakan huruf standar misal Arial atau Times New Roman. Selain itu pergunakan huruf yang cukup besar, jangan sampai Audience kesulitan membaca karena huruf yang anda pergunakan terlalu kecil.

2. Judul yang jelas pada setiap Slide

Pergunakanlah huruf tebal, jelas dan mudah dibaca pada setiap judul slide anda.

3. Background yang sederhana

Perhatikan background yang anda pergunakan pada setiap slide yang anda buat. Jangan sampai kalimat yang ada tulis jadi tidak bisa terbaca dengan jelas, karena anda memakai background yang terlalu kontras.

4. Grapik dan Diagram

Mempergunakan gambar seperti grafik dan diagram akan membantu anda untuk lebih menjelaskan tentang topik yang sedang anda presentasikan. Selain itu dengan mempergunakan grafik atau diagram, akan sedikit menyegarkan suasana dan mengundang perhatian para audience

5. Tetap fokus

Tulislah hal-hal pokok atau penting saja yang ada hubungan dengan topik yang sedang anda presentasikan. Jangan menggunakan terlalu banyak kata atau kalimat dalam satu slide presentasi. Cukup anda tulis judul atau garis besarnya saja.

6. Nyambung

Penting diperhatikan, setiap slide yang anda buat satu sama lain saling berhubungan.

7. Jangan terlalu banyak slide

Jangan membuat slide presentasi yang terlalu banyak untuk satu topik yang anda bahas. Buatlah Slide seefisien mungkin. Kalau topik yang anda bahas memang panjang, penjelasan secara lisan tentu lebih baik.

8. Berbicara yang jelas

Saat presentasi sedang berlangsung berbicara dengan jelas. Sehingga audience bisa memahami presentasi yang anda sampaikan. Kebanyakan audience beranggapan bahwa sebuah presentasi Powerpoint selalu kering dan membosankankan, dengan kreativitas anda dan pembicaraan yang baik, anda bisa mengubah pandangan tersebut.

9. Beri kesempatan untuk bertanya

Kalau bisa, luangkan waktu untuk memberikan kesempatan kepada audience untuk bertanya tentang hal-hal yang tidak dimengerti dari presentasi yang anda sampaikan.

10. Future Follow Up

Hal penting lainnya, adalah beri kesempatan kepada audience untuk bertanya di lain waktu mengenai topik presentasi yang anda sampaikan. Jadi jangan segan-segan untuk mencantumkan e-mail, no. telepon atau website anda di akhir presentasi anda. Sehingga mereka bisa bertanya kapanpun juga. Ini semua bisa menjadi nilai plus bagi anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>